6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak – Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi suara serta berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. dari semua aktifitas, kita tidak pernah terlepas dari telinga. Telinga adalah satu dari lima panca indera manusia yang memerlukan perawatan intensif. Bagi Anda para orang tua wajib sekali menjaga kesehatan telinga anak Anda agar anak Anda memiliki hidup yang berkualitas dengan pendengaran yang baik dengan menjalani tips dan cara sederhana.

Terdapat jutaan orang di dunia yang terancam menderita ganguan pendengaran. Penyebab gangguan penderangan diantaranya adalah kotoran telinga, tumor, cacat lahir, faktor genetik, infeksi, cedera atau masuknya benda asing kedalam telinga, paparan suara keras, efek samping dari obat tertentu dan lain sebagainya. Karena itulah, penting rasanya untuk mengetahui bagaimana tips dan cara menjaga kesehatan telinga anak yang baik dan benar.

Baca Juga : 5 Manfaat Terbaik Dari Susu Kedelai Untuk Kesehatan Anda

Tips dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak - Pabrik

1. Hindari Berada di Lingkungan yang Bising

Terlalu sering berada di lingkungan yang bising seperti tempat karaoke dan lainnya dapat menyebabkan organ pendengaran terganggu. Jika terpaksa harus sering berada dalam lingkungan yang bising, misalnya anak Anda dibawa ke pabrik, maka sebaiknya gunakanlah perangkat pelindung telinga anak. Berada di lingkungan yang bising setiap hari secara terus menerus juga mengakibatkan penurunan daya dengar anak.

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak - Earphone

2. Hindari dan Kurangi Penggunaan Earphone

Terlalu sering memakai earphone dengan volume kencang dapat mengganggu fungsi pendengaran. Untuk itu atur penggunaan earphone dikeseharian Anda, maksimal hanya 2 jam sehari. Jadi awasi anak Anda untuk menjaga kesehatan telinga anak dengan membatasi penggunaan earphone.

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak - Menggaruk Telinga

3. Hindari Menggaruk Telinga Saat Gatal

Baca Juga  Anak Menderita Hepatitis? Yuk Lakukan Langkah - Langkah Ini

Gatal yang ditimbul pada area telinga umumnya disebabkan karena adanya eksim atau psoriasis. Hindarilah untuk menggaruknya. Sebab hal itu hanya akan membuat telinga mengalami iritasi. Untuk mendapat penanganan yang tepat segera konsultasikan ke dokter. Jika anak Anda sering menggaruk telinga, Anda wajib menjaganya agar tidak menyebabkan iritasi pada telinganya.

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak - Mengunyah Anak

4. Mengunyah Makanan dengan Benar

usahakan untuk mengunyah tiap makanan dengan baik. Gerakan peristaltik di mulut dapat mendorong kotoran dalam telinga untuk keluar secara otomatis. Agar dapat mengujinya, cobalah mengunyah permen karet.

5. Bersihkan Telinga Secara Teratur Menggunakan Cutton Bud

jangan terlalu kuat mendorong cutton bud ketika membersihkan ruang dalam telinga. Karena mebersihkan telinga dengan mendorong atau memasukkan cotton bud terlalu dalam kedalam bagian telinga bukannya akan mengeluarkan kotoran, tetapi justru akan mendorong kotoran masuk lebih jauh ke dalam liang telinga

Jika serumen (kotoran telinga) tersebut mengendap terlalu lama, serumen dapat mengeras di dalam liang telinga sehingga dapat menyumbat gendang telinga dan mengakibatkan pendengaran berkurang. Selain itu, hindari juga membersihkan telinga dengan menggunakan jari tangan atau benda lainnya karena dapat mnyebebakan cedera dan infeksi.

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak - Perawatan Telinga

6. Perawatan Rutin

Hindari melakuakan pengobatan sendiri jika menemui telinga yang terasa sakit atau berdenging, seperti terdengar bunyi-bunyi atau benda yang bergerak dalam teinga

Itulah tadi 6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak. Untuk merawat telinga tidaklah sulit, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorok). Begitu juga, saat Anda ingin membersikannya. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya 3 bulan sekali. Selain menjaga kebersihannya, cara ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak | itsmefurzy | 4.5