Bahaya Membersihkan Kotoran Pada Lubang Pusar

Bahaya Membersihkan Kotoran Pada Lubang Pusar

Bahaya Membersihkan Kotoran Pada Lubang Pusar – Pusar merupakan salah satu bagian yang terletak di perut. Semua makhluk mamalia yang berplasenta pastinya akan memiliki pusar. Pada hewan, biasanya pusar cuma tampak seperti garis tidak tebal yang samar. Biasanya banyak orang merasa bahwa bagian pusar memiliki aroma yang tak sedap dan perlu dibersihkan.

Kotoran pada kulit (daki/bolot), walau sehari-hari kita telah mandi, kotoran ini tetaplah ada. Ini karena sebab sesungguhnya daki itu bukan hanya kotoran. Sehari-hari ada sel mati yang memiliki kandungan keratin gugur dari permukaan kulit serta minyak yang keluar, semuanya bercampur berbarengan kotoran, tersebut sebagai daki. Sel kulit mati serta minyak yang terkumpul pada lubang pusar jadi kotoran disana. Namun kotoran pusar itu tak bisa dibuat bersih.

Bahaya Membersihkan Kotoran Pada Lubang Pusar

Kulit yang terdapat pada bagian pusar memang lebih tipis daripada kulit di bagian badan yang lain dengan keadaan kulit yang lebih tebal dan kenyal. Jadi, apabila bagian kulit dianalogikan sebagai dinding sebuah kastil, kemudian bagian pusar dianalogikan sebagai pintu gerbangnya. Saat Anda masih tetap dalam kandungan ibu maka, pusar jadi penghubung pada ibu serta anak untuk mendapatkan nutrisi dan perdaran darah. Pintu telah tertutup saat bayi telah lahir.

Pintu adalah titik lemah dari satu kastil. Serta pintu ini mesti selalu kita jaga. Anda akan rugi sendiri bila pintu ini Anda rusak dengan mengorek-korek atau membersihkannya, yang ada malah mengakibatkan pintu retak. Jika sudah begini, Anda sudah membukakan jalan pada jutaan musuh yang sudah menanti di sekitar kastil Anda.

Meskipun dibalik kulit masihlah ada pertahanan yang lain (Antibodi, makrofag, dan lain-lain), apa kelirunya bila Anda menjaganya, lantaran tak ada yang dapat menanggung prajurit Anda dibalik dinding kastil bakal menang atas serangan musuh.

Itulah bahaya membersihkan kotoran pada lubang pusar yang perlu untuk Anda ketahui. Mungkin Anda bertanya, kenapa lubang pusar bisa memiliki bau yang tidak sedap?

Penyebab Lubang Pusar Menjadi Bau

Berikut ini adalah aspek-aspek yang menjelaskan penyebab lubang pusar menjadi bau :

Baca Juga  Gejala Penyakit Kanker Darah - Penyebab dan Pengobatan

1. Kista Urachal
Kista urachal umumnya nampak apabila pusar tak dibikin bersih dengan benar atau tidak sering dibikin bersih. Kista dapat membuat abses yang diisi nanah serta sel darah putih.

Kista yang terbentuk dibagian urachus di kenal sebagai kista urachal. Kista urachal umumnya dibarengi dengan beragam tanda-tanda seperti rasa sakit di perut serta penambahan suhu badan.

Abses dari kista bakal membuahkan cairan berbau busuk, yang dapat merembes keluar serta bikin pusar berbau tak enak.

2. Kandidiasis
Candida albicans yaitu jamur penyebabnya terjadinya kandidiasis. Dengan cara alami, beragam jamur ada pada kulit manusia.

Candida albicans menimbulkan bercak putih pada pusar, bercak ini mirip yoghurt atau keju cottage. Jamur Candida ini perkembangannya sangat cepat serta tak teratasi, kerap kali menyebabkan rasa sakit serta inflamasi.

Orang dengan system kekebalan badan lemah mempunyai resiko lebih tinggi lantaran badan tak dapat mengekang perkembangan jamur ini.

Keadaan ini dapat menyebabkan fatal bila jamur meraih aliran darah atau organ, seperti telinga. Tetapi, masalah itu begitu tidak sering berlangsung, bahkan juga pada orang dengan tingkat kekebalan rendah.

3. Cahaya UV

Cahaya ultraviolet begitu jelek serta beresiko untuk kulit. Cahaya UV dapat juga mengakibatkan infeksi pusar. Berenang sepanjang musim panas, berjemur, serta aktivitas lain yang mengungkapkan pusar dengan cahaya matahari dapat mengakibatkan infeksi pusar akibat cahaya UV. Cairan berbau kurang enak dapat juga nampak dari pusar akibat infeksi itu.

4. Keunggulan Berat Tubuh
Beberapa orang dengan lemak perut yang berlebihan rawan pada infeksi pusar. Perut yang gendut bikin pusar ada dalam lipatan lemak perut, hingga semakin banyak kotoran yang melekat serta pusar jadi lebih lembab.

Keadaan ini bisa mengakibatkan kerusakan beberapa sel serta jaringan umbilikus hingga mengakibatkan infeksi pusar.

Nah itulah artikel mengenai bahaya membersihkan kotoran pada lubang pusar serta penyebabnya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Bahaya Membersihkan Kotoran Pada Lubang Pusar | Rafi | 4.5