Ciri-Ciri Kanker Tulang

Ciri-Ciri Kanker Tulang

Ciri-Ciri Kanker Tulang – Tahukah Anda Kanker tulang merupakan tumor pada tulang yang bisa menyebabkan hancurnya tulang sehingga membuat tubuh rapuh. Secara umum kanker tulang terbagi menjadi dua jenis yaitu kanker tulang sekunder dan kanker tulang primer.

Apa itu kanker tulang sekunder? kanker tulang sekunder merupakan kanker tulang yang disebabkan oleh adanya sel-sel kanker dari organ lain yang menyebar ke tulang seperti transfer sel kanker dari kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara, dan jenis kanker lainnya. Sedangkan kanker tulang primer adalah kanker tulang yang belum diketahui secara pasti penyebabnya, dan kasus kanker tulang primer ini masih jarang terjadi dibandingkan dengan kanker tulang sekunder.

Ciri-Ciri Kanker Tulang

Ciri-ciri kanker tulang terdiri dari beberapa fase penting yang perlu Anda ketahui sehingga bisa melakukan deteksi dini, berikut kami sampaikan ulasan mengenai ciri-ciri kanker tulang yang perlu Anda kenali yaitu :

1. Rasa sakit

Ciri-ciri kanker tulang pertama adalah nyeri atau rasa sakit. Nyeri yang terjadi pada leher dan punggung merupakan ciri-ciri kanker tulang yang paling umum terjadi. Rasa sakit yang akan dirasakan secara terus menerus disertai dengan adanya gejala-gejala lainnya dan rasa nyeri pada tulang bagian belakang bisa saja akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Akan tetapi jika iritasi maupun peradangan dalam jumlah yang kecil maka rasa sakit hanya terasa pada bagian belakang saja.

2. Rasa lemah

Apabila kanker tulang menekan saraf penderita, maka penderita kanker ini akan mengalami kelemahan. Penyebab dari hal ini dikarenakan adanya gangguan pada impuls dari tulang belakang. Jika terjadi peradangan besar di belakang, maka akan terjadi gangguan saraf antara otak dengan kaki. Akibatnya, penderita akan mengalami gangguan dalam berjalan, melangkah, berpegangan maupun membawa barang. Jika Anda mengalami hal ini, bisa saja Anda terkena kanker tulang.

3. Kepekaan terhadap rangsangan berkurang

Kanker tulang belakang berpengaruh terhadap sensasi sentuhan atau rangsangan. Sumsum tulang belakang merupakan pusat saraf, apabila terjadi peradangan atau tekanan di daerah ini dapat mengakibatkan pengaruh sensasi atau pengaruh terhadap rangsangan sehingga bisa saja hal deminkian merupakan ciri-ciri kanker tulang. Objek mungkin tidak dapat merasakan dingin maupun panas saat disentuh.

Baca Juga  Gejala Penyakit Kanker Usus - Penyebab Serta Pencegahan

4. Inkontinensia

Gejala atau ciri-ciri kanker tulang ini hampir sama dengan gejala pada kelemahan, karena adanya tekanan pada saraf tertentu dalam tulang belakang yang bertanggung jawab sebagai pengontrol kinerja kandung kemih dan juga usus. Jika terjadi gangguan pada impuls, maka orang tersebut akan kehilangan kontrol terhadap kantung kemih mereka dan juga usus mungkin juga dengan keduanya.

5. Mengalami Demam, Menggigil dan berkeringat Di malam hari

Ciri-ciri kanker Tulang ini memang telah jelas menunjukkan keadaan tubuh dalam situasi tak sehat. Namun dengan berkeringat saat malam hari tidak disertai dengan gejala demam maka butuh pengecekan ke ahli medis. Targetnya agar tak semakin parah keadaannya. Dengan beberapa karakteristik itu, Anda dapat cepat mencegah atau malah mengatasi penyembuhan kanker sedini mungkin. Dengan begitu penyakit kanker tulang yang diderita juga mampu sembuh.

6. Penurunan Bobot Badan

Hal seperti ini yakni terjadinya penurunan berat secara drastis yang mana merupakan karakteristik khas penyakit kanker tulang, terlebih jika pengurangan bobot tubuh berlangsung secara berkala dan drastis, jadi waspadai bobot badan Anda untuk mengidentifikasi kanker tulang.

7. Berkurangnya tingkat kepekaan pada sentuhan

Kanker tulang belakang dapat mempengaruhi sensasi sentuhan yang disebabkan oleh peradangan pada susm-sum tulang belakang. Sehingga pengidap kanker jenis ini tidak mampu merasakan sensasi sentuhan panas ataupun dingin.

Itulah ulasan mengenai ciri-ciri kanker tulang. Jadi sebaiknya Anda waspadai dan lakukan deteksi dini. Namun jika muncul tanda tersebut maka pastikan untuk melakukan kontrol pada tenaga medis untuk mengetahui apakah hal tersebut kanker atau fisiologis. Salam sehat.

Ciri-Ciri Kanker Tulang | Rafi | 4.5