Dampak Buruk Minuman Energi Untuk Tubuh

Dampak Buruk Minuman Energi Untuk Tubuh

Dampak Buruk Minuman Energi Untuk Tubuh – Minuman berenergi dipercaya mampu membangkitkan stamina tubuh seseorang dengan cepat. Ternyata, ada beberapa bahaya di balik minuman berenergi, yang harus diwaspadai.

Biasanya minuman berenergi dikonsumsi setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup menguras banyak tenaga. Misalnya olahraga berat, mengerjakan pekerjaan rumah, dan lain sebagainya.

Sebuah tinjauan baru terhadap pengetahuan ilmiah terkini tentang minuman energi telah menemukan, seseorang yang selalu mengonsumsi minuman itu dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental, peningkatan tekanan darah, obesitas dan kerusakan ginjal juga.

Bahaya Minuman Energi Bagi Kesehatan

Dampak buruk minuman energi untuk tubuh dapat menjadi lebih buruk lagi jika Anda mencampurkan alkhol dan minuman berenergi, lalu meminumnya secara bersamaan. Hal ini bisa memicu kematian serius. Para ahli mengungkapkan jika di dalam minuman energi terkandung kafein, gula, air, mineral, vitamin tertentu dan stimulan non-nutrisi. Misalnya ginseng, taurine, dan guarana.

Bahkan, beberapa minuman juga memiliki kandungan kafein sebanyak 100 mg per ons, hal ini berarti 8x lipat lebih banyak dibandingkan kafein dalam kopi yang hanya 12 mg.

Nah, berikut ini adalah dampak buruk minuman energi untuk tubuh yang akan dialami ketika minum minuman berenergi dalam jumlah berlebihan.

1. Diabetes

Banyak penelitian yang mengungkapkan, dampak buruk minuman energi untuk tubuh adalah dapat meningkatkan resistensi insulin. Disamping naiknya kadar gula darah. Dengan efek samping seperti ini, seseorang mempunyai risiko terkena diabetes tipe-2 yang sangat besar dan fatal dampaknya.

2. Sakit kepala

Di dalam minuman berenergi, terkandung banyak sekali pemanis buatan. Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak, hal ini bisa saja memicu terjadinya migrain atau sakit kepala tentu saja ini bisa menjadi dampak buruk minuman energi untuk tubuh yang mengganggu Anda beraktivitas.

3. Insomnia

Minuman energi bisa mengacaukan siklus tidur, meningkatkan berat badan, dan bahkan membuat tekanan darah meningkat tajam. Namun, bukti keseluruhan menyatakan, mereka juga mengarah kepada penyalahgunaan zat, kesehatan mental, risiko diabetes yang lebih besar, gigi keropos, dan juga kerusakan pada ginjal.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Asam Urat dan Komplikasi Berbahayanya

4. Minuman energi mengandung dosis yang tidak sehat dari kafein.

Tentu saja dampak buruk minuman energi untuk tubuh adalah dari kafein. Yang mengkhawatirkan adalah seberapa banyak kafein yang terkandung dalam minuman energi itu.

Sementara kopi mengandung hingga 150 miligram kafein, beberapa minuman energi mengandung hingga 500 miligram kafein.

Karena kafein mudah diserap dalam bentuk padat, perusahaan minuman energi menambahkan bahan kimia untuk membuatnya lebih mudah diserap tubuh.

Tujuammya untuk memastikan mendapatkan tendangan ekstra energi. Itu sebabnya ada banyak kasus insomnia, gugup, dan sakit kepala yang dilaporkan akibat minuman energi.

5. Gula yang berlebihan.

Beberapa merek minuman energi mengandung hingga 62 gram gula atau sama dengan sekitar 15 ½ sendok teh gula. Jumlah gula yang tinggi ini membuat minuman energi penuh kalori.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjauhi konsumsi minuman berenergi supaya tubuh tetap berstamina dan bugar setiap waktu.

6. Bisa menyebabkan masalah jantung.

Jurnal kesehatan jantung salah satu universitas di kolombia menerbitkan sebuah studi mengenai masalah jantung setelah remaja mengonsumsi minuman energi. Apa yang mereka temukan adalah bahwa minuman energi meningkatkan risiko kejadian jantung, terutama pada remaja. Penelitian juga menemukan, minuman energi tidak boleh dikonsumsi sebelum atau setelah olahraga.

7. Mereka berbahaya bila dikombinasikan dengan obat-obatan

Anda mungkin sudah tahu bahwa pencampuran minuman energi dan alkohol bisa berbahaya. Selain itu pencampuran minuman energi dengan obat juga harus dihindari. Beberapa bahan dalam minuman energi bisa berinteraksi negatif dengan obat, terutama obat anti depresi

Nah semoga artikel dampak buruk minuman energi untuk tubuh ini bisa memberikan Anda gambaran untuk menyayangi tubuh Anda dari penyakit berbahaya akibat minum minuman berenergi terlalu sering. Semoga bermanfaat.

Dampak Buruk Minuman Energi Untuk Tubuh | Rafi | 4.5