Obat Alami untuk Menyembuhkan Kencing Batu

Obat Alami untuk Menyembuhkan Kencing Batu

Obat Alami untuk Menyembuhkan Kencing Batu – Siapa saja dapat menderita suatu masalah kesehatan yang dinamakan kencing batu, utamanya pria dewasa dan mereka yang sudah masuk usia senja. Tidak menutup kemungkinan untuk wanita menderita penyakit kencing batu ini. Kencing batu ini terbentuk atas akumulasi dari zat yang mengkristal dan dari waktu-ke-waktu membentuk benda padat seperti batu. Zat ini merupakan limbah dalam tubuh yang tidak bisa dipecah oleh tubuh secara sempurna, sehingga dikeluarkanlah melalui sekresi.

Batu ini mulanya terbentuk di organ ginjal, dengan ukuran beragam. Kadang penderita tidak sadar mengalami kondisi ini, karena ukuran batu yang keluar masih berukuran kecil. Bila ukuran batu ini besar atau bahkan melebihi diameter saluran kencing akan muncul beragam gejala, dan inilah yang disebut dengan penyakit batu. Pada beberapa kasus batu ini dapat menghentikan dan menghambat aliran urine, dan pada akhirnya dapat membikin peradangan dan infeksi.

Berbagai faktor bisa sebabkan kencing batu ini, antara lain karena penurunan fungsi filtrasi ginjal atau infeksi. Bisa juat akibat faktor keturnan, penumpukan zat yang dapat membentuk batuan akibat gaya hidup penderita, kuranya asupan cairan, dan akibat terlalu sering menahan rasa ingin kencing.

Ciri-Ciri Dari Kencing Batu

Perlu diketahui juga, jenis tekstur dan lokasi batu memengaruhi berat dan ringannya gejala dari kencing batu ini. Di bawah ini beberapa ciri kencing batu yang bisa dikenali, antara lain:

1. Terasa nyeri ketika buang air kecil

Gejala yang satu ini umum sekali, yaitu ada rasa nyeri ketika buang air kecil. Intensitas nyeri setiap penderita kencing batu berbeda-beda. Ada yang rasa nyeri ringan, hingga berat.

Pun frekuensinya, ada yang kadang muncul, ada juga yang sering muncul. Perbedaan ini dipengaruhi oleh letak dan ukuran batunya. Rasa nyeri ini biasanya juga disertai rasa panas ketika kencing. Orang yang menderita kencing batu, hasrat yang tinggi untuk berkemih pasti akan sering muncul. Akan tetapi air kencing yang nantinya keluar hanya sedikit saja, kondisi seperti ini seringkali disebut dengan sebutan anyang-anyangan.

2. Urine yang mengandung darah

Hematuria atau kondisi urine yang bercampur darah. Ini adalah ciri selanjutnya dari kencing batu, dan ini terjadi akibat iritasi di saluran kemih. Batu yang ukurannya besar dengan tekstur tajam ketika melewati ureter atau uretra membuat dinding (ureter atau uretra) meradangan dan kemudian terjadi pendarahan.

3. Sakit pinggang

Sering penderita mengalami gejala dari kencing batu ini. Hal ini terjadi karena adanya batu di saluran kencing baik di ginjal, ureter atau di kandung kemih yang mengiritasi, sehingga timbulkan reaksi. Dampak dari iritasi ini bisa sekadar pegal-pegal biasa atau bisa juga rasa nyeri yang hebat di pinggang.

Baca Juga  5 Obat Herbal Khas Indonesia Mengobati Sakit Perut Melilit

4. Demam

Ciri yang satu ini khas, karena ini menandakan tubuh mengalami infeksi. Batu yang keluar dari ginjal bisa menghambat aliran urine, ini bisa mengembangkan mikroorganisme, bakteri utamanya. Bakteri ini menginfeksi dinding ureter atau kandung kemih, dan muncullah demam yang merupakan respon tubuh terhadap infeksi tersebut.

5. Mual/muntah

Kencing batu ini bisa berdampak buruk pada sistem pencernaan, karena letaknya yang berdekatan. Kondisi ini membuat rasa kembung atau penuh di daerah perut yang memicu rasa mual atau muntah.

6. Badan mudah lelah

Si penderita kencing batu akan mengalami kelelahan, lesu, letih, dan lemas, juga kurang bergairah. Nafsu makan pun akan ikut menurun.

Obat Alami Kencing Batu

Nah, Anda tak perlu khawatir dibawah ini telah kemi sajikan daftar mengenai tanaman herbal yang dapat mengobati penyakit kencing batu.

1. Daun Seledri

Masakan seperti sop sangat bermanfaat sekali untuk berbagai macam penyakit bila digabungkan dengan daun seledri. Seperti influenza, radang hati, demam, batu ginjal dan masalah pencernaan.

Jika Anda suka memasak sop campurkan lebih banyak daun seledri atau bisa membuat jus atau rebusan dari daun seledri ini.

2. Kumis Kucing

Tanaman ini banyak tumbuh di dataran rendah dan daerah ketinggian sedang, selain di Indonesia ditemukan juga di Asia Tengah, Cina, kepulauan samudera pasifik dan Australia. Daun kumis kucing memiliki efek melebarkan ureter dan berjalannya sistem eliminasi pengecilan kandung kemih. Caranya cukup minum rebusan air dua gelas dengan tiga lembar daun kumis kucing.

3. Daun Tempuyung

Obat alami untuk menyembuhkan kencing batu yang ketiga adalah dengan daun tempuyung. Daun tempuyung memiliki sifat diareutik sehingga baik untuk mengatasi kencing batu.

Caranya Anda persiapkan bahan – bahan berikyt ini : Daun tempuyung 7 lembar, Kumis kucing 1 genggam, Meniran 4 pohon, Temulawak sebesar telur ayam 1 biji.

Cara meraciknya : Cukup cuci semua bahan yang diperlukan. Kemudian iris tipis temulawak dan potong kecil meniran. Selanjutnya rebus semua bahan dengan air 4 gelas hingga tersisa 3 gelas. Terakhir angkat dan kemudian saring.

Aturan pakai : Minum ramuan tradisional dengan dosis 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Nah semoga artikel obat alami untuk menyembuhkan kencing batu ini bermanfaat. Jangan lupa untuk menshare artikel berikut ini. Salam Sehat.

Obat Alami untuk Menyembuhkan Kencing Batu | Rafi | 4.5