Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami

Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami

Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami – Mata merah bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja yang umum adalah karena mata terjaga selama berjam-jam lamanya, sehingga terjadi pemecahan pembuluh darah. Mata merah juga bisa disebabkan oleh tembel, blepharitis, eksim, iritas, elergi, terkenal partikel debu, jamur, dan masih banyak lagi. Bila ini terjadi pada Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa mencoba beberapa tips alami mengobati mata merah berikut ini.

Mengobati Mata Merah Dengan Tips Alami

Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami

1. Air, Anda bisa memercikan air dingin pada mata yang merah. Bisa juga merendam handuk dahulu pada air, lalu terapkan handuk tersebut di atas mata. Ini adalah salah satu cara yang baik, sederhana, dan cepat dalam menyembuhkan mata yang merah.

2. Kompres hangat atau dingin, Anda bisa membungkus es batu pada kain katun. Setelah itu, terapkan di atas mata yang merah selama beberapa detik. Ini juga bisa mencegah mata menjadi merah karena suatu sebab.

Selain kompres dingin, kompres hangat juga bisa Anda coba. Pertama rendam dahulu kain bersih pada mangkuk air hangat. Peras, lalu terapkan kain di atas mata. Diamkan selama 5-10 menit. Lakukan cari ini berulang kali bila perlu. Nantinya uap panas juga akan membantu menghilangkan kerak pada bulu mata untuk mengobati mata merah.

3. Mentimun, Timun juga bisa Anda gunakan sebagai tips alami mengobati mata merah. Mentimun sendiri memiliki sifat anti-inflamasi, sekaligus juga efek pendingin yang bukan saja bisa mengatasi mata merah, namun juga bengkak.

Anda bisa menyimpan dahulu mentimun pada lemari pendingin selama 15-30 menit. Setelah itu, iris mentimun dan terapkan satu irisan pada mata yang merah. Ganti irisan mentimun setelah kering.

Baca Juga  Penyebab dan Pengobatan Detak Jantung Cepat Berdebar Saat Tidur

4. Teh celup, Selain lezat, teh celup juga ternyata baik digunakan bagi mata Anda yang merah. Kandungan tanin pada teh celup bahkan bisa mengatasi bengkak di bawah mata, juga sifat antibakterinya yang bisa mengatasi penyebab mata merah akibat mikroba bakteri. Untuk metode terbaik, Anda bisa menggunakan kantung dari teh chamomile. Terapkan kantung yang sudah terpakai di atas mata yang bermasalah hingga kering.

5. Susu, Susu kaya akan asam amino yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa membantu mengatasi mata merah akibat infeksi. Anda bisa coba merendam kapas susu dingin mentah. Setelah itu, terapkan kapas di atas mata yang sakit kurang lebih 15 menit. Anda bisa menggunakan metode ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Susu juga bisa dicampur dengan madu agar lebih berkhasiat.

6. Kentang, Tips mengobati mata merah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kentang. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, terutama vitamin E pada kentang membuatnya dapat membantu mengatasi infeksi mata penyebab mata merah dengan efisien. Anda bisa mengiris kentang tipis, lalu terapkan potongannya di atas mata. Kentang sebaiknya disimpan dahulu di lemari es hingga dingin. Terapkan pada mata 15-20 menit.

Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami | Rafi | 4.5