Tips Mudah Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Tips Mudah Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Tips Mudah Mengatasi Kejang Demam Pada Anak – Pada saat anak sakit, perasaaan cemas dan panik akan seketika muncul  bagi setiap orang tua. Apalagi jika suhu anak meninggi dan demam, terlebih jika demam disertai dengan kejang-kejang. Kejang Demam umumnya terjadi pada sebagian anak dari usia 3 bulan sampai 6 tahun, terutama jika orangtua memiliki riwayat kejang demam sewaktu menjadi anak.

Kejang demam pada anak adalah kondisi dimana kejang yang terjadi diduga disebabkan oleh adanya kenaikan drastis pada temperatur tubuh bayi atau anak yang  umumnya disebabkan oleh infeksi dan merupakan respons khusus dari otak terhadap demam yang biasanya terjadi di hari pertama demam. Kejang pada anak perlu mendapat perhatian mendalam karena kejang dapat terjadi berulang kali dan membahayakan.

Jika anak terlalu sering mengalami kejang demam, hal tersebut dikhawatirkan dapat merusak sel-sel otak pada anak. Untuk itu, penting rasanya untuk memahami bagaimana cara benar dalam mengatasi kejang demam di rumah sebab penanganan yang tepat di awal kejadian akan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan anak.

Gejela-gejela Anak Mengalami Kejang Demam

Pada umumnya bayi atau anak yang terserang kejang demam akan mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Demam tinggi
  • Hilang kesadaran dan berkeringat
  • Terkadang keluar busa dari mulutnya atau muntah
  • Tangan dan kaki kejang terkadang disertai mata melotot
  • Setelah kejang reda, dia akan terlihat mengantuk dan tertidur.

Berdasarkan lama terjadinya kejang dan seberapa sering terjadinya, kejang demam dibedakan menjadi:

1. Kejang Demam Ringan

Yaitu kejang demam yang terjadi pada seluruh tubuh dengan lama waktu terjadinya kejang beberapa detik hingga kurang dari 10 menit dan tidak terjadi lagi dalam kurun waktu 24 jam.

2. Kejang Demam Kompleks

Kejamg demam yang terjadi pada salah satu bagian tubuh dengan lama waktu terjadinya kejang lebih dari 10 menit dan dapat terjadi lebih dari 1 kali dalam kurun 24 jam.

Tips Mudah Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Berikut ini beberapa tips yang sudah terbukti efektif dalam mengatasi anak yang terserang demam kejang:

  • Panik adalah hal pertama yang akan dialami orangtua ketika melihat anak mereka mengalami kejang. Namun, kepanikan tidak membuat keadaan lebih baik. Untuk itu tenangkan diri Anda.
  • Jangan tahan gerakan kejang anak Anda. Namun letakkan ia di permukaan yang aman seperti pada karpet di lantai dan longgarkan pakaianya
  • Untuk menghindari tersedak, segera keluarkan jika ada sesuatu di dalam mulutnya saat anak kejang. Jangan taruh obat dalam bentuk apa pun di dalam mulutnya saat anak sedang kejang.
  • Jika anak dalam posisi tidur telentang, miringkan tubuh anak ke salah satu sisi.
  • Jika ada, berikan obat untuk meredakan kejang untuk pertolongan pertama. Obat ini biasa dimasukkan melalui dubur. Jika anak Anda pernah mengalami kejang sebelumnya, konsultasikan pada dokter obat untuk meredakan kejang tersebut dan selalu siapkan persediaan obat di rumah.
  • Bawa segera ke tempat pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit agar dapat segera ditangani.
Baca Juga  5 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Anak

Untuk mendiagnosis penyebab terjadinya kejang demam yang diderita anak, dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan sebagai berikut berikut.

  • Tes urin
  • Tes darah
  • Pemeriksaan cairan tulang belakang (lumbar puncture) untuk mengetahui apakah terjadi infeksi sistem saraf pusat seperti meningitis.

Baca Juga : 6 Tips Dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Telinga Anak

Itulah tadi beberapa tips mudah mengatasi kejang demam pada anak. Penyebab kejang demam yang sebenarnya masih belum diketahui betul sumbernya. Tapi pada sebagian besar kasus, kejang demam berhubungan erat dengan demam tinggi  akibat infeksi virus flu, infeksi telinga, cacar air, atau tonsilitis (radang amandel). Demam kejang  juga  dapat menjadi tanda awal dari penyakit yang lebih seriu seperti meningitis. Untuk itu, segera periksakan anak Anda ke doker jika dia mengalami kejang demam, meski jika hanya berlangsung beberapa detik.

Tips Mudah Mengatasi Kejang Demam Pada Anak | itsmefurzy | 4.5